Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran PKn untuk Meningkatan Hasil Belajar Materi Globalisasi

  • Nuridah Nuridah SD Negeri Banjartanggul
Keywords: PBL, hasil belajar, pkn, materi globalisasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan problem based learning (PBL) pada pembelajaran pkn. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi globalisasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan datahasil penelitian, dan pembahasan tentang peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning terdiri dari 6 tahap. Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning dilaksanakan dengan tiga  siklus, dimana siklus I belum berhasil, hal ini disebabkan karena langkah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning belum terlaksana dengan baik, antara lain : a) waktu guru menyampaikan materi pembelajaran belum sesuai dengan indikator, b) saat siswa diskusi kelompok belum terjalinnya kerja sama yang baik diantara anggota kelompok, c) saat siswa mempresentasikan kerja kelompok, tidak ada kelompok lain yang menanggapi karena siswa kurang berani dan takut salah.

Published
2022-01-31