PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI ADMINISTRASI PADA GURU KELAS IV, V, DAN VI SD-SMPN SATU ATAP 1 BENDUNGAN KECAMATAN BENDUNGAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Edi Sukarsono SD-SMPN SATU ATAP 1 BENDUNGAN Depok, Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek
Keywords: Kepala sekolah, kinerja guru dan supervisi

Abstract

Tujuan penelitian  ini  adalah  Untuk mengetahui gambaran objektif tentang Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Administrasi Pada Guru Kelas IV,V dan VI SD-SMPN Satu Atap 1 Bendungan Kecamatan Bendungan Semster II Tahun Pelajaran 2019/2020.`Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan adalah  observasi wawancara,  serta analisis dokumentasi. Validitas data yang  digunakan  adalah  dengan  teknik   deskriptif kuantitatif  melalui supervisi administrasi.  Berdasarkan  hasil penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa peningkatan kinerja guru dalam penyusunan administrasi kelas,  di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun penyusunan administrasi kelas dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 78 dan hanya masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat cukup signifikan walaupun masih belum ada guru yang dinyatakan mampu menyusun administrasi kelas dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 118 dan masuk dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi  guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 158 dalam kriteria nilai baik. Kesimpulannya adalah supervisi administrasi guru kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 3 orang guru di SD-SMPN Satu Atap 1 Bendungan dinyatakan berhasil meningkatkan meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan administrasi guru kelas.

Published
2022-07-31