PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI ADMINISTRASI PADA GURU KELAS IV, V, DAN VI SD-SMPN SATU ATAP 1 BENDUNGAN KECAMATAN BENDUNGAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran objektif tentang Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Administrasi Pada Guru Kelas IV,V dan VI SD-SMPN Satu Atap 1 Bendungan Kecamatan Bendungan Semster II Tahun Pelajaran 2019/2020.`Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara, serta analisis dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah dengan teknik deskriptif kuantitatif melalui supervisi administrasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja guru dalam penyusunan administrasi kelas, di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun penyusunan administrasi kelas dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 78 dan hanya masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat cukup signifikan walaupun masih belum ada guru yang dinyatakan mampu menyusun administrasi kelas dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 118 dan masuk dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 158 dalam kriteria nilai baik. Kesimpulannya adalah supervisi administrasi guru kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 3 orang guru di SD-SMPN Satu Atap 1 Bendungan dinyatakan berhasil meningkatkan meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan administrasi guru kelas.




