Peningkatan Kinerja Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SD Negeri Sumber Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek Semester 2 Tp. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman guru terhadap penerapan KTSP dan motivasi dalam menyusun perangkat Pembelajaran secara lengkap. Adapun rumusan permasalahan dalam PTS ini adalah Apakah dengan Supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran ?. Tujuan dari kegiatan PTS ini adalah 1) Membuktikan secara ilmiah apakah supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran 2) Mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melakukan supervisi akademik berkelanjutan agar mampu meningkatkan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumber Kecamatan Karangan kabupaten Trenggalek selama 3 bulan (Januari s.d Maret 2021), melalui 2 (dua) tahap dengan melibatkan 6 orang guru dari kelas yang berbeda. Langkah-langkah yang ditempuh adalah Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Hasil yang dicapai, Nilai Kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada siklus I, rata-rata 75,29 pada siklus II menjadi 92,08, berarti ada kenaikan sebesar 16,79. Sedangkan pencapaian indikator keberhasilan pada siklus I telah dicapai oleh 4 orang guru (62,50%) pada siklus II terjadi kenaikan sangat mengembirakan yakni 2 orang guru (37,50%), sehingga total menjadi 100% (6 orang guru).




