Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Di Sdn Menanggal Kecamatan Mojosari Mojokerto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di SDN Menanggal, Mojosari, Mojokerto . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sementara, verifikasi, dan penarikan kesimpulan akhir. Validasi data menggunakan SPSS version 16.0. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 85%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebelum guru SDN Menanggal, Mojosari, Mojokerto mendapat tindakan supervisi akademik oleh Pengawas sekolah motivasi kerja guru adalah 36%, setelah mendapat tindakan pada siklus I ada peningkatan menjadi 45%, dari hasil tindakan siklus I belum mencapai standar keberhasilan sehingga peneliti melanjutkan penelitan pada siklus II dan mencapai peningkatan 86%. Pencapaian hasil yang maksimal tidak terlepas dengan pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan secara berkala oleh kepalasekolah.




