Peningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPS. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII-2 SMPĀ Negeri 3 Tanjunganom. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasiĀ kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalamiĀ peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Teams Games Tournaments dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 3 Tanjunganom, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative IPS.



