Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya yang Memuat Seni Rupa 3 Dimensi dengan Penerapan Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) pada Siswa Kelas XI MIPA 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung

  • Evi Irawati SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung
Keywords: prestasi, seni rupa

Abstract

Setelah dilaksanakan kegiatan observasi di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kedungwaru diketahui jika hasil belajar siswa disana kurang memuaskan. Hanya 28% siswa yang nilainya diatas KKM (70). Beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi diantaranya yakni kurang pahamnya siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, guru belum menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang tepat sasaran. Hal ini secara tidak langsung membuat siswa jenuh dan kurang semangat dalam belajar dikelas. Khususnya pada mata pelajaran seni rupa dengan materi 3 dimensi hal ini menuntut untuk siswa terampil dalam mengaplikasikan ilmunya. Salah satu upata metode yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil prestasi belajar pada mata pelajaran seni rupa 3 dimensi yakni metode Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE). Riset ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setelah diterapkan metode pembelajaran CORE pada seni rupa 3 dimensi ternyata dapat meningkatkan hasil prestasi belajar pada siklus I 68% dan pada siklus II sebanyak 88%. Kesimpulan dari penelitian ini yakni penerapan metode pembelajaran CORE pada mata pelajaran seni rupa materi 3 dimensi dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kedungwaru sebanyak 20%.

Published
2022-06-01