Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menentukan Metode Pembelajaran melalui Kegiatan Supervisi dengan Teknik Individual Conference di SMK Negeri 1 Bojonegoro
Abstract
Dari hasil angket yang telah disebarkan dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti maka terjadi perubahan kemampuan guru menentukan metode pembelajaran dalam penerapan supervisi Teknik Individual Conference, untuk lebih jelasnya maka penelitian akan membahas hasil penelitian berdasarkan kegiatan tersebut. Dari data yang diserap dari responden maka dapat dikatakan bahwa sebelumnya pada siklus pertama masih terdapat guru yang belum mengerti akan pengertian supervisi dan 50% belum pernah disupervisi. Setelah dilaksanakan supervisi Teknik Individual Conference dengan baik maka pada siklus berikutnya, pengetahuan guru dan intensitas pelaksanaan supervisi meningkat yang pada akhirnya 75% guru pernah disupervisi khususnya dengan Teknik Individual Conference.Dan dari hasil observasi diketahui bahwa supervisi Teknik Individual Conference dapat memberikan dampak positif pada guru dan siswa karena semua guru menjawab hal tersebut dan jumlahnya 100% mengatakan hal yang sama. Kemampuan guru menentukan metode pembelajaran meningkat karena mereka dapat mengatasi masalah bersama dengan kepala sekolah saat supervisi Teknik Individual Conference berlangsung.



