Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menerapkan Model Pengajaran Tuntas pada Siswa Kelas IV MIN 4 Tululungagung Kecamatan Ngantru Kabupaten

  • Moh Choirul Anam MIN 4 Tulungagung
Keywords: pendidikan agama islam, pembelajaran tuntas

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi belajar Pendidikan Agama Islam meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahu bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, setelah diterapkan model pembelajaran tuntas? Selain itu untuk mengetahui pengaruh modek pembelajaran tuntas dalam meningkatkan prestasi terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau action research, sebanyak 3x putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap yaitu; rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 4 Tulungagung semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Adapun data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan lembar observasi. Sedangkan dari hasil analisis diperoleh bahwa prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus 1 yaitu 66,67%, siklus 2 yaitu 75,56% dan siklus 3 yaitu 86,67%.

 

Published
2022-06-01