Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Wonodadi terhadap Materi Faktorisasi Prima untuk Menentukan FPB dan KPK melalui Metode Demonstrasi

  • Binti Maslakah SMPN 1 Wonodadi
Keywords: kemampuan siswa, Faktorisasi Prima, FPB dan KPK, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitaian ini dilatar belakangi mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik dimulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas yang bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berfikir logis, analisis, sistematis, kritis dan kreatif peserta didik kemampuan bekerja sama.

Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memenuhi kemampuan, memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, pasti dan komprehensif. Seperti halnya yang terjadi pada pembelajaran di awal Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 di kelas VII A SMPN 1 Wonodadi Blitar. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika dengan materi pokok “Penggunaan Faktorisasi Prima Dalam Menentukan FPB Dan KPK”, dari 32 peserta didik kelas VII A hanya 9 anak yang mendapatkan nilai di atas 70 atau setara dengan 30% peserta didik yang mampu menguasai materi. Berdasarkan perhitungan di atas dapat dirumuskan beberapa masalah, yaitu rendahnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran matematika serta peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uraian latar belakang dapat dibentuk rumusan masalah sebagai  berikut : “Bagaimana cara meningkatkan pemahaman dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika penggunaan faktorisasi prima dalam menentukan FPB dan KPK kelas VII A dengan menerapkan metode demonstrasi sebagai media pembelajaran?”

Melalui hasil temuan refleksi dan diskusi dengan teman sejawat, pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan kemajuan. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya penguasaan dan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran matematika. Hasil dari perbaikan mata pelajaran matematika dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai evaluasi peserta didik. Dari 32 peserta didik pada siklus I hanya 13 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 70 atau setara dengan 32,5%. Pada siklus II perbaikan pembelajaran terdapat 18 peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 atau setara dengan 45%, dan pada siklus III peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 21 peserta didik atau setara dengan 64%.

Published
2023-03-30