Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Kegiatan Bermain Kata pada Kelompok B di TK Al Hidayah Tuliskriyo 01 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Anak-anak memperoleh kemampuan membaca kata-kata yang sederhana untuk mereka pahami. Anak masih kesulitan memahami bahasa yang seharusnya bisa dia kendalikan dalam situasi ini. Anak-anak kurang memiliki keinginan untuk memprediksi kata dan tulisan yang mereka lihat. Berbicara dan membaca tidak dapat dipisahkan. Anak-anak yang rutin berkomunikasi dengan baik juga membaca dengan baik. Pada Gathering B di TK Al Hidayah Tuliskriyo 1, gerakan peningkatan kapasitas secara keseluruhan ingin menggunakan permainan kata untuk meningkatkan kemampuan membaca. Anak, pendidik, kepala sekolah, dan strategi pembelajaran menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Hidayah Tuliskriyo 1 mulai tanggal 3 Februari sampai dengan 24 Februari 2020. Siklus I dan siklus II merupakan dua siklus perbaikan yang digunakan dalam metode penelitian. Siklus I akan menghasilkan kegiatan yang seharusnya dapat diselesaikan oleh anak, dan siklus II akan menghasilkan RPP yang berhasil pada siklus I. Konsekuensi peninjauan kembali: Karena tingkat keberhasilan belajar pada siklus I mencapai 60,03% dan 87,05% pada siklus kedua, tidak ada peningkatan tambahan yang diperlukan. Kesimpulannya, semangat belajar yang tak tergoyahkan, persiapan yang tepat, metode pembelajaran yang inovatif, dan media pembelajaran yang tepat diperlukan untuk keberhasilan pembelajaran.



