Pengembangan sarung tangan refleksi untuk peregangan pemain e-sport mobile legends di Kota Blitar

  • Kamas Yudha Arianto Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar
  • Ahmad Saifudin Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Istina Atul Makrifah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
Keywords: Sarung Tangan Refleksi,, Pemain E-sport,, Mobile Legends

Abstract

Latar belakang pengembangan Sarung Tangan Refleksi untuk Peregangan Pemain E-sport Mobile Legends di Kota Blitar adalah minimnya alat peregangan untuk pemain e-sport dan pemain sering mengalami kaku pada jari dan cedera, sarung tangan refleksi adalah solusi untuk menunjang kenyamanan pemain dalam bermain game. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sarung tangan refleksi dan untuk mengetahui kelayakan sarung tangan refleksi sehingga dapat menghasilkan produk sarung tangan yang valid dan layak sehingga dapat digunakan untuk peregangan sebelum bermain game. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan  research and development (R&D). Model research and development (R&D) yang digunakan peneliti dalam mengembangkan produk yaitu menggunakan model Borg and Gall dengan prosedur pengembangan 7 tahapan pengembangan produk. Tahap validasi produk dilakukan oleh validator. Responden penelitian pemain e-sport. Instrumen yang digunakan, Wawancara, Observasi, Lembar Validasi Produk, dan Lembar Kuesioner responden. Hasil Uji validitas mendapatkan skor 92% (Sangat Valid) dan 88% (Sangat Valid) bertujuan untuk menilai kevalidan, untuk penilaian responden pemain e-sport mendapat skor 87% (Sangat Layak) bertujuan untuk menilai kelayakan produk. Simpulan penelitian sarung tangan refleksi menunjukkan hasil penilaian memenuhi kriteria “Valid”, dan kategori penilaian “Layak” dan “Sangat Layak” sehingga dapat dijadikan alat peregangan untuk pemain e-sport Mobile Legends di Kota Blitar

Published
2023-04-05