Pengembangan Media Booklet Nusantara sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa di SD
Abstract
penelitian ini dilakukan guna mengatasi permasalahan yang terdapan di SD Negeri 02 Mentaraman Kabupaten Malang. Permasalahan tersebut yaitu belum adanya inovasi sumber belajar, guru masih menggunakan metode ceramah, penggunaan media hanya berupa LKS dan gambar tempel. Hal itu yang belum mampu menumbuhkan slef efficacy siswa dalam mengerjakan tugas mata pelajaran terutama mata pelajaran IPS materi keanekaragaman budaya di Inonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kemenarikan serta peningkatan siswa setelah menggunakan media. Booklet Nusantara sebagai sumber belarjar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi (potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi ahli, revisi desain, uji coba produk, revisi produk). Self Efficacy siswa diketahui meningkat yang dapat dilihat dari angket skor sebelum menggunakan angket 50% dan sesudah menggunakan mediamemperoleh skor 96%.




