Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kondisi Alam Indonesia
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas VII-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS materi kondisi alam Indonesia pada peserta didik kelas VII-D UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri melalui metode pembelajaran Problem Solving mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar pada siklus I ada 21 peserta didik (65.63%), pada siklus II meningkat menjadi 29 peserta didik (90,63%). Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,75 pada siklus II meningkat menjadi 82,34. Simpulan dari penelitian ini adalah metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelasĀ VII-D UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS




