Penerapan Metode Cooperative Script Method dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi tentang Kegiatan ekspor dan impor Pada Siswa Kelas IX-A Semester 1 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020

  • nugraheni nugraheni SMP Negeri 04 Tulungagung
Keywords: Hasil belajar, Kegiatan ekspor dan impor, Cooperative Script Method

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Kegiatan ekspor dan impor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Cooperative Script Method untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Kegiatan ekspor dan impor siswa Kelas IX-A  SMP Negeri 4 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 72,2% dan pada siklus II 88,9%.

Published
2021-07-29