Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran SKI dengan Menggunakan Media Blog
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan media blog pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MIPA-2 Di MA Negeri 4 Kediri Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Ini dapat diukur berdasarkan hasil observasi dan lembar angket yang diisi pada siklus I dan siklus II, dimana pada siklus I hasil observasi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu 44,60%, kemudiaan pada siklus II observasi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu 46,3%. Jadi kemampuan peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 90,90%. Adapun hasil lembar angket yang diisi oleh siswa pada siklus I mencapai rata-rata 66,87%, kemudian pada siklus II hasil lembar angket mencapai rata-rata 1,23%. Jadi kemampuan peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 82,81%. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa menunjukkan efektifnya penggunaan media blog pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam




