Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Memahamkan Materi Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Blitar
Abstract
Berdasarkan pengalaman Penulis, hasil tes menunjukkan bahwa materi Persamaan Kuadrat pada tahun pelajaran sebelumnya belum mencapai ketuntasan klasikal, karakteristik siswa SMA, dan hasil diskusi dengan guru matematika SMA tersebut maka diperlukan suatu cara dalam upaya memahamkan siswa tentang materi Persamaan Kuadrat yang salah satunya melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil Penelitian di SMA Negeri 4 Blitar menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan langkah-langkah pembentukan kelompok asal, pembentukan kelompok ahli, penyajian materi oleh guru, penyajian tugas oleh guru, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, kuis/tes, dan pemberian penghargaan kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat positif yang berarti siswa merasa bahwa belajar kooperatif tipe Jigsaw adalah menyenangkan, tidak membosankan, dan dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Saran yang diberikan adalah (1) Bagi pengajar (guru) yang akan menggunakan pembelajaran tipe Jigsaw seyogyanya mempertimbangkan hal-hal seperti : kesiapan guru karena pada pembelajaran Jigsaw, para siswa di kelompok asal membahas sub-sub materi yang berbeda-beda, dan ketersediaan waktu yang cukup banyak untuk kegiatan pembelajaran, (2) Bagi peneliti lain yang menginginkan menggunakan pembelajaran tipe Jigsaw, dapat mengembangkannya lebih lanjut untuk pelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.




