Peningkatan Hasil Belajar Memahami Teks Eksposisi Melalui Model Think Pair Share pada Peserta Didik Kelas VIII F Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 1 Tenggalek Kabupaten Trenggalek
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara objektif tentang peningkatan hasil belajar dalam memahami teks eksposisi dengan model Think Pair Share pada peserta didik kelas VIII F semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 1 Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Manfaat penelitian ini, bagi peserta didik sebagai subjek penelitian adalah meningkatnya motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan model Stephen Kemmis. Subjek penelitian adalah peserta didik keas VIII F semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 30 anak. Pembelajaran Model Think Pair Share ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian: 1) Nilai rata-rata Siklus I sebesar 70.50 sedangkan nilai rata-rata Siklus II sebesar 81.00. Nilai rata-rata terjadi peningkatan sebesar 10.50. Nilai rata-rata Siklus I lebih kecil daripada KKM 70. Ketuntasan klasikal pada Siklus I peserta didik yang mencapai KKM sebesar 70 sebanyak 19 anak (63.33%). Pada Siklus II peserta didik yang yang mencapai KKM sebesar 70 sebanyak 27 anak (90.00%). Ketuntasan klasikal meningkat sebesar 26.67%. Simpulan penelitian ini, Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dalam memahami isi teks eksposisi pada peserta didik Kelas VIII F semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 1 Trenggalek Kabupaten Trengalek.




