Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan dan Lambang Bilangan Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas I-C Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa kelas 1-C pada semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek disebabkan metode yang digunakan kurang bevariasi sehingga membuat siswa jenuh dalam proses belajar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendapatkan gambaran obyektif peningkatan hasil belajar Matematika materi Bilangan dan Lambang Bilangan melalui model make a match pada siswa kelas I-C semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I-C semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 29 anak. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan pada siswa kelas I-C Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek terhadap pembelajaran matematika materi pokok “Bilangan dan Lambang Bilangan” dengan menerapkan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari kenaikan nilai rata-rata siswa dan ketuntasan belajar siswa dari setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70,69 dan pada siklus II sebesar 85,17. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 14,48. Pada siklus I siswa yang telah tuntas sebanyak 17 anak (58,62%), pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 27 anak (93,10%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 34.48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bilangan dan Lambang Bilangan pada siswa kelas I-C Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek.




