Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Penjaskes yang Memuat Lompat Jauh pada Siswa Kelas IX-G Semester 1 SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Hasil belajar siswa di Kelas IX-G selama pembelajaran Penjaskes kurang memuaskan. Dari 31 siswa, hanya 7 yang berhasil mencapai KKM di atas 75, dan 24 siswa lainnya masih belum mencapai KKM di bawah 69. Ini terjadi karena guru tidak menekankan materi Lompat Jauh dengan jelas; guru meninggalkan ruangan setelah memberikan tugas kepada siswa; guru tidak menggunakan strategi atau pendekatan yang dapat membantu siswa menjadi kreatif; dan siswa terus bermain sendiri selama pelajaran. Siswa Kelas IX-G adalah subjek penelitian, dan peneliti bertindak sebagai guru (pengajar) dan mitra peneliti selama proses pembelajaran Lompat Jauh. Tujuan penggunaan Metode Drill adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal Lompat Jauh; nilai post-test setiap siklus yang melebihi KKM menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa.