Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Bahasa Indonesia dan IPA Tema 8 Subtema 2 melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Semester 2 UPT SD Negeri Maliran 01 Tahun Pelajaran 2021-2022

  • Mudrikah Rosita Dewi UPT SD Negeri Maliran 01 Kec. Ponggok Kab. Blitar, Indonesia
Keywords: tematik terpadu, bahasa Indonesia, IPA, problem based learning

Abstract

Kenyataan di lapangan proses belajar mengajar masih didominasi metode konvensional/metode ceramah, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan tidak dapat mengikuti pembelajaran secara aktif, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Keadaan tersebut juga terjadi pada pembelajaran tematik terpadu bahasa Indonesia dan IPA kelas V di UPT SD Negeri Maliran 01. Tujuan penelitian ini adalah (untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu bahasa Indonesia dan IPA melalui model Problem Based Learning (PBL) pada  siswa kelas V semester 2 UPT SD Negeri Maliran 01 tahun pelajaran 2021/2022. Siklus yang direncanakan oleh peneliti mengacu pada model spiral Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus menggunakan tiga (3) tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi dalam suatu spiral yang saling berkait. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat belajar secara individu apabila mencapai nilai ≥75. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar secara klasikal jika 80% siswa mendapat nilai ≥75. Penerapan problem based learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu bahasa Indonesia dan IPA di kelas V UPT SD Negeri Maliran 01.

Published
2023-09-15