Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kematangan Intelektual melalui Konseling Behavioral pada Siswa SMP Negeri 1 Boyolangu Kelas IX-A Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Setelah dilakukan observasi ternyata hanya 32,4% siswa di kelas IX-A SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang melampaui KKM (70) pada pembelajaran bimbingan konseling (BK) saat semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Rendahnya nilai ketuntasan siswa ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yakni materi yang kurang bisa dipahami oleh siswa, masih banyak siswa yang senang bermain sendiri saat kegiatan belajar mengajar dan penggunaan metode pembelajaran yang belum tetap sasaran dengan kebutuhan siswa dikelas. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada kematangan intelektual pada bimbingan konseling. Riset yang digunakan yakni PTK dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan jika melalui konseling behavioral dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kematangan intelektual sebesar 64,9% pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 89,2% pada siswa SMP Negeri 1 Boyolangu kelas IX-A semester 2 tahun pelajaran 2016/2017.



