Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Bimbingan Konseling yang Memuat Nilai-Nilai dan Cara Berperilaku Sosial dalam Kehidupan Kelompok Teman Sebaya dan di Luar Kelompok Sebaya pada Siswa SMP Negeri 4 Tulungagung

  • Nurul Hidayah SMP Negeri 4 Tulungagung, Indonesia
Keywords: teknik modifikasi perilaku dan bimbingan konseling

Abstract

Selama pembelajaran konseling, ditetapkan bahwa prestasi siswa di bawah rata-rata berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Kelas VIII-A. Hanya 13 dari 33 siswa yang mencapai nilai KKM 70 atau lebih, dan 20 siswa lainnya masih belum berhasil mencapai nilai KKM 69 atau lebih. Perlu dilakukan penyempurnaan pembelajaran dengan menerapkan Metode Perubahan Pola Perilaku guna lebih mengembangkan prestasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan tentang Strategi Nilai dan Perilaku Sosial serta untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Tulungagung memenuhi kriteria keberhasilan dalam meningkatkan nilai materi Nilai dan Perilaku Sosial dengan menggunakan Teknik Modifikasi Perilaku. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan proporsi siswa yang memenuhi tujuan pembelajaran berdasarkan nilai post-test yang lebih tinggi dari KKM pada setiap siklus—63,6% pada siklus I dan 90,9% pada siklus II. Berdasarkan temuan penelitian, pembelajaran Nilai-Nilai Sosial dan Cara Berperilaku Melalui Teknik Modifikasi Perilaku dapat membantu siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Tulungagung dalam meningkatkan prestasi akademiknya dan mempermudah mereka dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Nilai Sosial dan Tata Cara Berperilaku. Cara Berperilaku. Oleh karena itu, dalam menyarankan pembelajaran tentang nilai-nilai dan perilaku sosial, pendidik menggunakan Metode perubahan tingkah laku yang dapat diamati untuk membantu prestasi belajar siswa.

Published
2023-03-30