Peningkatan Hasil Belajar Memahami Teks Eksposisi melalui Model Think Pair Share pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Munjungan Kabupaten Trenggalek
Abstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengatahui gambaran Peningkatan Hasil Belajar Memahami Teks Eksposisi melalui Model Think Pair Share pada siswa kelas VIII A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 - 2020 di SMP Negeri 2 Munjungan Kabupaten Trenggalek. Penelitian Tindakan dengan model Stephen Kemmis. Pembelajaran Model Think Pair and Share ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian nilai rata-rata peserta didik pada kondisi awal dengan nilai rata-rata 59,20% mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 69,72% dan pada akhir siklus 2 menjadi 85,80% sedangkan ketuntasan belajar memahami teks eksposisi degan model pembelajaran Think Pair Share pada kondisi awal hanya 20% atau 5 siswa sedangkan pada siklus 1 sebesar 52,00% sebanyak 13 anak sedangkan yang belum tuntas sebesar 48,00 % atau sebanyak 12 anak. Secara klasikal belum tuntas karena pseserta didik yang telah mencapai KKM belum memenuhi indikator penelitian. Pada Siklus 2 ketuntasan belajar meningkat menjadi 92% atau 23 siswa dan yag belum tuntas sebesar 8.00% atau 2 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam memahami teks eksposisi.



