Penerapan Metode Diskusi dan Media Proyektor untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata

  • suwantini suwantini SD Negeri Grogol 2
Keywords: hasil belajar, sistem tata surya, media proyektor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi Sistem Tata Turya melalui penerapan metode dikusi dan media proyektor. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan istem Tata Turya melalui penerapan metode dikusi dan media proyektor. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dari hasil tes awal diperoleh data bahwa hasil belajar siswa terhadap sitem tata surya adalah 56,43. Hasil tes siklus I adalah76,61. Dan hasil siklus II adalah 81,79. Sedangkan dari indikator kriteria nama-nama benda langit, nama-nama planet, garis lintasan benda langit, dan nama-nama planet diperoleh nilai rata-rata  yaitu pada Tes Awal, nilai arti tata surya 65, nilai susunan benda-benda langit 55, nilai arti benda-benda langit 53, dan nilai nama-nama planet dan satelitnya 50. Siklus I nilai arti tata surya 78, nilai susunan benda langit 76, nilai arti nama benda langit 70 nilai nama planet dan satelitnya 79. Pada Siklus II nilai arti tata surya 84,28, niali susunan benda langit 80,14, niali arti benda langit 87,29 dan nilai nama-nama planet dan satelitnya 78,43. Dari data hasil nilai tes tersebut terbukti bahwa dengan penerapan metode diskusi dan media proyektor ternyata mampu meningkatkan hasil belajar IPA dalam materi sistem tata surya Siswa Kelas VI Semester II SDN Grogol 2 tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk itu penelitian hanya dilakukan dua siklus saja mengingat hasil belajar  siswa sudah meningkat dan mencapai ketuntasan.

Published
2022-09-30