Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Kepahlawanan dan Patriotisme melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri Pandanlaras Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi kepahlawanan dan cinta tanah air menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SDN Pandanlaras Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri dari dua siklus yang masing-masing memiliki dua kali pertemuan. Kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi disertakan dalam setiap siklus. 30 siswa kelas IV SDN Pandanlaras, Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Subjek penelitian meliputi 17 laki-laki dan 13 perempuan. Tes (pilihan ganda) dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada setiap akhir pertemuan siklus. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda dan lembar observasi proses pembelajaran guru dan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Siswa kelas IV SDN Pandanlaras Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo menggunakan metode pembelajaran kooperatif gaya jigsaw untuk belajar tentang kepahlawanan dan cinta tanah air sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar. Pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 61 menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada ketuntasan pratindakan baru mencapai 30 persen dengan nilai rata-rata 58,67 yang menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata ketuntasan prestasi belajar siswa adalah 67,33 atau 60%. Terjadi peningkatan sebesar 30% dari tahap pra tindakan ke siklus I. Selain itu, 83% siswa pada siklus II memperoleh nilai KKM 61, dengan nilai rata-rata 75. Dengan nilai rata-rata 7,67, selisih nilai antara siklus I dan II adalah 23%. Mengingat temuan sebelumnya, diharapkan semua siswa akan berpartisipasi dalam diskusi kelompok kecil dan kegiatan pembelajaran dalam pelajaran IPS dan dapat berkolaborasi secara efektif dengan siswa lain dan guru.



