Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Debit melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas VI SDN Bremi II Kabupaten Probolinggo
Abstract
Tujuan kajian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Bremi II Lokal Krucil Probolinggo dengan menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Sikap siswa selama pembelajaran dan hasil belajar kognitif merupakan contoh hasil belajar. Kajian ini merupakan kegiatan belajar yang dilakukan di ruang belajar pada wali kelas pendidik. Variasi model Kemmis dan McTaggart digunakan dalam strategi penelitian ini, yang dibagi menjadi dua siklus perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Tiga puluh lima siswa kelas enam dari SDN Bremi II berpartisipasi dalam penelitian ini. Investigasi kami berfokus pada hasil penggunaan model pembelajaran matematika realistik untuk belajar matematika. Metode pengumpulan data meliputi persepsi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil temuan menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Matematika Realistik dapat bermanfaat bagi siswa kelas VI SDN Bremi II Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Menggunakan masalah dunia nyata, menggunakan alat bantu visual, mendiskusikan hasil, dan memahami konsep adalah bagian dari Model Pembelajaran Matematika Realistik. Instruktur kemudian membahas hubungan antara prosedur standar dan rumus dan konsep matematika lainnya. Siswa tidak langsung memahami rumus; melainkan agar mereka memahami konsepnya, mereka dilibatkan langsung dalam pengamatan melalui penggunaan alat bantu visual dan diskusi kelompok. Tiga siswa (20%) mencapai KKM pada hasil pra tindakan, meningkat menjadi 18 siswa (53,33%) pada siklus I dan 28 siswa (80%) pada siklus II. Siklus I terlihat rata-rata sikap 58,33 persen, sedangkan siklus II terlihat rata-rata sikap 77,5 persen. Dengan demikian, siswa kelas VI SDN Bremi II Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo dapat memanfaatkan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika mereka.



