Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar Tema 1 Subtema Tumbuhan Sahabatku pada Siswa Kelas VI A Semester Ganjil di SDN Tanjung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap siswi kelas 6 SDN Tanjung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini menggunakan 3 siklus. Adapun hasil dari siklus I bahwa 41 % siswa mencapai batas tuntas dan 59 % masih belum mencapai batas tuntas, serta nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71.5. Berdasarkan hasil tes siklus II diperoleh hasil bahwa sebanyak 34 siswa terdapat 21 siswa atau 62% yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai standar ketuntasan 75, sedangkan sisanya sebanyak 13 siswa atau 38 % masih belum mencapai batas tuntas. Adapun hasil tes siklus III diperoleh hasil bahwa sebanyak 34 siswa terdapat 31 siswa atau 91% yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai standar ketuntasan 75, sedangkan sisanya sebanyak 3 siswa atau 9 % masih belum mencapai batas tuntas. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Prestai Belajar Siswa Tema 1 Subtema Tumbuhan Sahabatku Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Card Sort Kelas VI A Semester Ganjil Di SDN Tanjung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan.



