Peningkatan Kemampuan Membaca Text Recount melalui Resitasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri

  • Sri Pangestiyah SMP NEGERI I Pakis Kec. Pakis Kab. Malang, Indonesia
Keywords: Text Recount, Resitasi, Kemampuan Membaca

Abstract

Sesuai atas dasar observasi lapangan bahwa siswa SMP Negeri I Pakis Kec. Pakis Kab. Malang terdiri dari banyak siswa yang datang dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, hampir setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Malang banyak terdaftar sebagai siswa di sekolah tersebut, sehingga tercermin pada belajar dan tindakan dalam belajar. Kelihatan ada perbedaan yang dicapai dari mereka yang mempunyai kemampuan rendah, dan ada yang kemampuan tinggi dalam belajar bahasa Inggris, sehingga memberi warna terhadap perkembangan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris. Tepatlah jika diadakan penelitian tindakan kelas agar memperoleh model pengembangannya. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil diskusi dapat disimpulkan sebagai berikut hasil dari tindakan kelas mempunyai efektifitas, seperti penelitian tindakan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun sebuah tugas dalam menyusun paragraf-paragraf. Penelitian tindakan dapat membantu mengembangkan guru dan siswa dalam strategi belajar mengajar. Proses penelitian kelas menggunakan prinsip demokratis dalam membuat keputusan, dan dapat memberdayakan guru melalui partisipasi dalam kegiatan yang kolaboratif.

Published
2024-04-30