Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

  • Liza Choirun Nisa Universitas Kristen Cipta Wacana
  • Novie Ary Priyanti Universitas Kristen Cipta Wacana
  • Imelda F.I.M Pekei Universitas Kristen Cipta Wacana
Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Keanekaragaman Hayati, Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran berbasis inkuiri pada materi keanekaragaman hayati dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pembelajaran berbasis inkuiri memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan, menyelidiki masalah, serta mengembangkan pemahaman secara mandiri. Melalui pendekatan ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kritis dan analitis mereka dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test untuk mengukur perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran berbasis inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi keanekaragaman hayati. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang biologi

Published
2021-10-31