Penerapan Pembimbingan Teknik “APIK” untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Kontekstual
Abstract
Menyikapi arti penting media dalam proses pembelajaran maka guru dituntut untuk memiliki kompetensi dalam membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan sehingga bersifat kontekstual dalam upaya meningkatkan kemampuan profesionalismenya. Kenyataan di lapangan khususnya pada guru di SDN 4 Cepoko Kecamatan Ngrayun memberikan indikasi bahwa masih dijumpai banyak guru yang belum melakukan pembuatan media pembelajaran, bahkan masih dijumpai pula guru yang mengajar tanpa menggunakan media, sehingga media yang ada hanya dijadikan pajangan belaka. Masalah ini harus segera dipecahkan agar tidak menimbulkan akibat yang fatal. Solusi yang dipilih penerapan pembimbingan teknik Alternatif, Produk, Inovatif, Keterpakaian (APIK) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, angket, dan jurnal. Tujuannya adalah : 1)Mendiskripsikan penerapan Pembimbingan Teknik APIK untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran; 2). Mendiskripsikan peningkatan kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran melalui Pembimbingan Teknik APIK di SDN 4 Cepoko Kecamatan Ngrayun Ponorogo Semester I Tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan kreteria kompetensi guru tersebut di atas, dari siklus I, siklus II, dan siklus III rata-rata skor menunjukkan peningkatan, dari rata-rata skor 61,6 ke skor 67,2 dan meningkat menjadi 78 itu berarti upaya guru kelas dalam Membuat Media Pembelajaran sudah signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembimbingan teknik ‘APIK’ dalam pembuatan media pembelajaran kontekstual guru-guru sekolah dasar telah berhasil, dan standar (layak) berdasarkan kreteria yang ditetapkan.




