Pengembangan E-LKPD Berbasis Kearifan Lokal Materi Berbagai Jenis Ekonomi Di Lingkungan Sekitar Kelas 4 SD

  • Sofila Husna Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Siti Rofi'ah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: E-LKPD, Kearifan lokal, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan E-LKPD berbasis kearifan lokal materi berbagai jenis ekonomi di lingkungan sekitar kelas 4 SDN Wlingi 3 Kabupaten Blitar dan untuk mengetahui kevalidan dan kemenarikan siswa sekolah dasar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan pengguna. Peneliti menggunakan model ADDIE meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas 4 SDN Wlingi 3 Kabupaten Blitar.Teknik pengumpulan data berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, kemenarikan dilakukan oleh pengguna (guru) dan siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan : 1) proses pengembangan dilaksanakan dengan lancar, 2) kevalidan media dari ahli media dengan presentase 80% kategori “cukup valid”, ahli materi dengan presentase 95% dengan kategori “sangat valid”, dan ahli bahasa dengan presentase sebesar 97,5% dengan kriteria “sangat valid”, 3) kemenarikan pengguna dengan presentase 100% dengan kategori sangat menarik dan kemenarikan siswa dengan presentase  99% dengan kategori “sangat menarik”.

Published
2024-01-31