Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM)

  • Kholis Farida MTs Negeri 1 Kabupaten Kediri
Keywords: Strategi Index Card Match, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskriksikan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPS materi peristiwa-peristiwa sekitar  proklamasi dan proses terbentuknya Negara kesatuan Republik Indonesia. 2) Mendeskriksikan pelaksanaan strategi pembelajaran index card match meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).

Hasil Penelitian, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74,29, Pada siklus II meningkat menjadi  82,29. Ketuntasan belajar pada siklus I baru tercapai 68,57% (24 Siswa), pada siklus II meningkat menjadi 91,43% (32 siswa), tinggal 8,57% (3 siswa) diadakan remidi. Sedangkan aktivitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus I tercapai 77,78% dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 92,59% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Demikian halnya aktivitas siswa pada siklus I secara kelompok diperoleh rata-rata 59,12%, dengan kualifikasi cukup (C) pada siklus II meningkat menjadi 90,83%, dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa, melalui strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam materi binatang yang halal dan haram pada Siswa Kelas IX-B MTs Negeri 1 Kabupaten Kediri Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.

Published
2021-10-28