Transformasi Pembelajaran Biologi Berbasis AI untuk Meningkatkan Kompetensi Calon Guru Masa Depan

  • Novie Ary Priyanti Universitas Kristen Cipta Wacana
  • Sri Wahyuni Universitas Kristen Cipta Wacana
Keywords: Pembelajaran Biologi, Artificial Intelligence, Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi pembelajaran biologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam upaya meningkatkan kompetensi calon guru masa depan. Seiring dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan AI dalam pembelajaran diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, adaptif, dan efisien, khususnya dalam mata pelajaran biologi. Pembelajaran berbasis AI memungkinkan personalisasi proses belajar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa, serta memberikan akses kepada berbagai sumber belajar yang lebih luas dan variatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan melibatkan calon guru biologi untuk mengevaluasi efektivitas penerapan teknologi AI dalam meningkatkan pemahaman konsep-konsep biologi, keterampilan pedagogik, dan kemampuan mengelola kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi pembelajaran biologi berbasis AI dapat meningkatkan kompetensi calon guru, baik dalam aspek kognitif, keterampilan pedagogik, maupun sikap profesional. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi AI dalam pendidikan dapat menjadi langkah penting dalam mempersiapkan calon guru yang siap menghadapi tantangan pendidikan di era digital

Published
2022-10-31