PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IX SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 1 SURUH KABUPATEN TRENGGALEK
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran objektif penggunaan model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Trenggaalek. Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IXA semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Suruh Kabpaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.00 sedangkan pada siklus II sebesar 80.40. Hal tersebut berarti bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata 10.40. Di samping nilai rata-rata kenaikan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan melihat persentase ketntasan belajar secara klasikal.Pada siklus I siswa yang telah tuntas sebanyak 14 anak (56.00%) pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 23 anak (92.00%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 36.00%. Hal ini dapat disimpukan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi IPS materi perdagangan internasional pada siswa kelas IXG semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Trenggaalek.




