Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema Tumbuhan Sahabatku dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange di SDN Kalibelo 2019/2020
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menurut Tim Pelatih Proyek PGSM, PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalamĀ melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, serta memperbaiki kondisi dimana praktek pembelajaran tersebut dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Kalibelo 2019/2020. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus menunjukkan bahwa Prestai Belajar Siswa Tema 1 Subtema Tumbuhan Sahabatku Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Kelas VI Semester Ganjil Di SDN Kalibelo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan yaitu Siklus I (44%), Siklus II (67%), dan Siklus III (89%)




