Implementasi Metode Pembelajaran Simulasi Guna Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Uang Dalam Pelajaran IPS
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk menjelaskan dampak pembelajaran Simulasi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. (2) Menjelaskan bagaimana pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran Simulasi. Metode penelitian ini adalah action research dengan 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III. Dari hasil analisis diperoleh siklus I (68.58.00%,), siklus II (81.81%), siklus III (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah Simulasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Kelas III SDN Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.