Penerapan Problems Based Introduction dalam Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Kelas IX

indonesia

  • Suyati Suyati SMP Negeri 1 Boyolangu
Keywords: Problems Based Introduction, Prestasi Belajar, Peningkatan

Abstract

Prestasi belajar yang belum memenuhi kriteria kurikulum standar yang telah ditetapkan memiliki beberapa sebab, diantaranya belum maksimal pembelajaran, tekanan dalam pembelajaran dan materi yang terlalu rumit. Pembenahan trategi pembelajaran memberikan trobosan baru agar pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik.tujuannya agar merangsang daya Tarik anak serta memancing kreatifitas anak dalam pembelajarn. Metode Problems Based Introduction memberikan solusi dan memberikan dampak postif pada prestasi siswa. penelitian menggunakan metode Problems Based Introduction dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dengan siklus yang berulang. Persentase peningkatan dari siklus pertama ke siklus selanjutnya  menunjukan peningkatan yang signifikan dari 62,9% menjadi 91,4% ini menunjukan bahwa penelitian dengan pendekatan metode Problems Based Introduction telah berhasil.

Published
2022-06-01