Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Materi Pokok Usaha Pelestarian Lingkungan melalui Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Siswa Kelas V SD Negeri Batur III Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo

  • Suhartijo Suhartijo SD Negeri Batur III Kecamatan Gading, Indonesia
Keywords: hasil belajar, model Rotating Trio Exchange

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Batur III dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange. Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Sebanyak 29 siswa kelas V menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, lembar observasi aktivitas pembelajaran, dan tes hasil belajar. Metode analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif. Studi ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri Batur III dapat memanfaatkan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bidang tematik konten IPA mereka. Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Persentase rata-rata siswa yang terlibat aktif dalam pembelajarannya pada siklus I adalah 53,58 persen, dan pada siklus II persentase tersebut meningkat menjadi 72,41 persen. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan proporsi hasil belajar siswa yang tuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100% pada siklus II setelah naik menjadi 75,86% pada siklus I dari 44,83 persen pada pra siklus.

Published
2023-03-30