Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Siswa Kelas III Semester Ganjil di SDN Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Doko Kecamatan Ngsem Kabupaten Kediri dengan subyek penelitian siswa kelas 3 semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian tindakan. Adapun penelitian ini terdapat 3 siklus yang masing-masing memuat planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Hasil tes pada siklus I diperoleh hasil bahwa sebanyak 29 siswa hanya terdapat 15 siswa atau 52 % yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai standar ketuntasan 75, sedangkan sisanya sebanyak 14 siswa atau 48 % masih belum mencapai batas tuntas. Sedangkan hasil pada siklus II menunjukkan bahwa dari 29 siswa, terdapat 21 siswa atau 72%, yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sebanyak 8 siswa atau 38% belum mencapai ketuntasan belajar. Adapun hasil dari siklus III menunjukkan bahwa dari 29 siswa, terdapat 27 siswa atau 93%, yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sebanyak 2 siswa atau 7% belum mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil perkembangan dari siklus 1 hingga siklus 3 dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dapat Meningkatkan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Siswa Kelas III Semester Ganjil Di SDN Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022.



