Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) Guru melalui Supak oleh Kepala Sekolah Di UPT SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut. (1) Meningkatkan keterampilan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS ) guru melalui pelaksanaan supak pada guru di UPT SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar. (2) Meningkatkan hasil kinerja guru melalui pelaksanaan supak pada guru di UPT SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di UPT SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 selama 3 bulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Dengan pelaksanaan supervisi akademik (supak), pengetahuan guru tentang model pembelajaran yang berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) meningkat. (2) Guru dapat menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) diantaranya Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning.



