Meningkatkan Minat Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI IPA 5. Hasil pada pra Siklus ada 18 siswa dalam kategori rendah, 15 siswa dalam kategori sedang dan 2 siswa yang masuk dalam kategori tinggi. Setelah pemberian siklus 1, ada penurunan jumlah siswa dalam kategori rendah, dan ada peningkatan jumlah siswa dalam kategori sedang dan tinggi. Setelah pemberian siklus 2, sudah tidak ada siswa yang masuk dalam kategori rendah dan ada peningkatan yang signifikan dalam kategori sedang dan sangat tinggi. Adapun jumlah siswa yang masuk dalam kategori sedang adalah 10 siswa dengan persentase 28,57% dan 18 siswa memiliki minat belajar dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 51,43%. Dengan demikian, model pembelajaran koperatif tipe Think pair share (TPS) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Trenggalek.




