Penerapan Metode Cooperative Script untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text Pada Siswa Kelas VIII-E Semester 1 SMP Negeri 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Susanti Marsono SMP Negeri 01 Rejotangan Tulungagung
Keywords: Ketrampilan menulis. Menulis Descriptive Text, Cooperative Script

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-E. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer proses pembelajaran Menulis Descriptive Text. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Metode Cooperative Script untuk meningkatkan Ketrampilan menulis dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Menulis Descriptive Text siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 1 Rejotangan mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Ketrampilan menulis siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 68,4 % dan pada siklus II 92,1%.

Published
2021-07-29