Peningkatan Hasil Belajar Materi Getaran dan Gelombang dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 02 Batu Tahun Pelajaran 2022-2023

  • Ulang Hadi Widodo SMP Negeri 02 Batu, Indonesia
Keywords: problem based learning, getaran dan gelombang, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 02 Batu pada materi getaran dan gelombang melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Hal ini berdasarkan pada hasil belajar pratindakan belum memenuhi ketuntasan yaitu ≤KKM (rata-rata 69,687). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan evaluasi, hasil belajar siswa pada siklus 1 telah memenuhi KKM sebanyak 25  siswa dengan rata-rata 80,312. Hasil evaluasi siswa pada siklus 2 mendapat nilai memenuhi  di atas KKM sebanyak  29  siswa dengan rerata 86,125. Secara klasikal rata-rata mengalami kenaikan sebesar 12,57 %. Selain itu, ada peningkatan ketuntasan belajar siswa; pada siklus I sebesar  78,1 % menjadi 90,6 % pada siklus II.  Dengan demikian, metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada  materi Getaran dan Gelombang di  kelas VIII-G SMP Negeri 02 Batu tahun pelajaran 2022 - 2023.

Published
2023-09-15