Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Discovery pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Negatif Siswa Kelas VI SDN Purworejo 02 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Sekolah Dasar Negeri SDN Purworejo 02 Kecamatan Pilangkenceng merupakan sekolah dasar yang terletak di wilayah Madiun. Proses kegiatan belajar mengajar di SD ini masih menggunakan metode sederhana. Guru mengajar menyampaikan rumus-rumus dan soal, lalu murid-murid mengerjakan soal. Sedangkan rata-rata nilai akhir matematika murid-muris sebesar 5,9 selama 5 tahun terakhir. Untuk mengatasi permasalah tersebut peneliti menuangkanya dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sedangkan tahapan yang harus dilalui adalah perencanaan, pelaksanaan implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi dengan kriteria keberhasilan rata-rata aktivitas siswa 70%, aktivitas guru 80%, ketuntasan belajar siswa 80%. Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 56%, aktivitas guru 76% sedangkan hasil ketuntasan belajar sebesar 65%. Dari hasil siklus I diketahui bahwa indikator keberhasilan masih belum tercapai, sehingga dilanjutkan dalam siklus II, dan hasilnya aktifitas siswa meningkat menjadi 81%, aktifitas guru 95% dan siswa yang tuntas belajar 95%.



