Peningkatan Efektivitas Belajar Matematika Materi Vektor melalui Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan bentuk desain quasi experimental. Kelompok yang digunakan yakni kelompok eksperimen. Pada kelompok experimen diberikan model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini didasarkan ada perlunya peningkatan hasil belajar siswa dengan pengembangan model pembelajaran pada siswa SMA N 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan jika rata – rata nilai pre test kelas eksperimen sebanyak 55,00 dan post test sebanyak 79,67. Sedangkan kelas kontrol nilai pre test 53,00 dan post test 76,33. Dari sini dapat disimpulkan jika kenaikan rata – rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi yakni sebanyak 24,67 dan kelas kontrol sebanyak 23,33.



