Perspektif Inovasi dan Strategi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Pendidikan Abad 21

  • Novie Ary Priyanti Universitas Kristen Cipta Wacana
  • Novan Habiburrahman Universitas Kristen Cipta Wacana, Indonesia
  • Risnanda i Dwi Andrian Universitas Kristen Cipta Wacana, Indonesia
  • Lucia M. Amaral Institute of Business Timor Leste, Timor Leste
  • Sarlotha Selan Universitas Kristen Cipta Wacana, Indonesia
  • Rosidi Azis Universitas Kristen Cipta Wacana, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Biologi, Abad ke-21, Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Pembelajaran biologi di abad ke-21 mengalami transformasi signifikan dengan mengintegrasikan teknologi digital dan pendekatan pedagogis inovatif untuk membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Pendekatan berbasis inkuiri, pembelajaran berbasis proyek, serta integrasi lintas disiplin menjadi strategi utama untuk meningkatkan relevansi materi biologi dengan tantangan dunia nyata. Teknologi seperti laboratorium virtual dan platform pembelajaran daring memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang interaktif dan global. Namun, tantangan seperti kesenjangan akses teknologi, kesiapan guru, serta keterbatasan sumber daya menjadi hambatan dalam penerapan pembelajaran modern. Strategi inklusif yang mencakup penyediaan fasilitas, pelatihan guru, dan integrasi konten lokal menjadi solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Pendekatan yang adaptif dan kolaboratif mampu mencetak generasi yang tidak hanya memahami ilmu biologi secara mendalam tetapi juga mampu memberikan solusi terhadap permasalahan global seperti perubahan iklim dan keberlanjutan ekosistem. Artikel ini menyoroti peluang, tantangan, dan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi yang relevan dan berkelanjutan di era modern.

Published
2023-10-31