Peningkatan Ketrampilan Menyimak Dongeng dengan Pendekatan Integratif melalui Teknik Melihat Video pada Siswa Kelas II SD Negeri Pilangkenceng 02 Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan atau keterampilan menyimak dongeng kelas II SD Negeri Pilangkenceng 02 Kecamatan Pilangkenceng masih rendah. Hal ini disebabkan karena rendahnya kemampuan siswa dalam menyimak dongeng yang disebabkan siswa kurang memahami ketrampilan menyimak, manfaat yang didapat, teknik menyimak dan pendekatan guru belum maksimal. Mengacu kurikulum 2003 dinyatakan guru bebas memilih metode pendekatan dan teknik dalam mengajar. Setelah dilakukan penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I rata-rata nilai siswa kelas 2 adalah 66,79 artinya keterampilan menyimak pada siswa kelas 2 SDN Pilangkenceng 02 Keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas II SD Negeri Pilangkenceng 02 Kecamatan Pilangkeneng mengalami peningkatan dari pratindakan. Dan pada siklus 2 rata-rata nilai naik menjadi 77,11%. Hal ini menunjukkan bahwa metode menyimak dongeng dengan pendekatan integratif melalui teknik melihat video berhasil dilakukan



